Thursday, April 18, 2024

www.SportCorner.id Menjelang akhir tahun, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan di Indonesia akan terus mengalami peningkatan hingga Februari 2024 mendatang. Oleh karena itu, para pengguna mobil diharapkan untuk meningkatkan kewaspadaannya dalam mengemudi terutama di jalanan yang basah dan licin.

Dalam kondisi tersebut, pengguna kendaraan perlu mengetahui manfaat fitur Electronic Stability Program (ESP) yang memiliki peran penting untuk menjaga mobil tetap stabil dan memberi kontrol lebih pada pengemudi dalam kondisi berbahaya.

Menurut Assistant to Service Departement Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Hariadi, fitur ESP sangat penting peranannya dalam menjaga keselamatan saat berkendara karena banyak ditemui kejadian tidak terduga, terlebih pada saat hujan.

"Dengan membiarkan fitur ESP aktif, pengemudi dapat lebih rileks saat mengemudi karena ESP akan berperan cepat mendeteksi kondisi perjalanan dan manuver mobil, serta secara otomatis melakukan koreksi dari sistem pengereman maupun kestabilan jika diperlukan untuk mendapatkan traksi terbaik yang memberikan rasa aman bagi pengemudi," papar Hariadi.

ESP (Electronic Stability Program)

Secara umum, ESP merupakan sebuah sistem keselamatan aktif yang dirancang untuk membantu menjaga stabilitas saat menikung jika roda depan atau roda belakang tergelincir, serta mempertahankan traksi pada saat terjadi percepatan pada permukaan jalan yang tidak rata atau licin.