Wednesday, April 17, 2024

USAI diundang pada seremonial produksi perdana Chery Omoda E5 dan mengendarainya di acara itu, Menteri Koordinasi Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto melalui staf khususnya langsung memesan 12 unit kendaraan listrik tersebut kepada PT Chery Sales Indonesia (CSI). Produksi perdana Omoda E5 yang rencananya akan dipasarkan dan diluncurkan di Indonesia pada 2024 mendatang ini sudah dimulai sejak 2 Desember 2023 lalu.

"Merupakan kebanggaan bagi CSI bahwa Bapak Airlangga menyukai Omoda E5 dan langsung menginstruksikan pemesanan 12 unit melalui staf khusus beliau. Ini bukan saja dukungan nyata untuk Chery di Indonesia, namun juga dukungan Pemerintah Indonesia terhadap perkembangan kendaraan berteknologi hijau,” ujar Vice President CSI Harry Kamora, Jumat (8/12).

Produksi Omoda E5 di Indonesia menjadi istimewa karena menjadi mobil listrik pertama dari Chery yang dirakit di luar Tiongkok. Mobil ini dilengkapi dengan motor listrik berdaya maksimum 150 kW, torsi maksimum 340 Nm, dan baterai yang mampu menempuh jarak hingga 450 kilometer.

Untuk urusan keselamatan berkendara, Omoda E5 berhasil mendapatkan bintang 5 dari Euro NCAP. Dengan seluruh keunggulan yang dimiliki kendaraan ini, CSI yakin bahwa Omoda E5 akan menjadi pembeda dengan mobil listrik lainnya dan mampu mendukung peningkatan jumlah penggunaan mobil listrik di Indonesia.

Penggunaan kendaraan listrik merupakan salah satu cara yang digadang-gadang oleh Pemerintah Indonesia untuk dapat menurunkan emisi karbon, sehingga dukungan nyata Pemerintah dengan pemesanan 12 unit Omoda E5 melalui Kemenko Perekonomian diharapkan dapat menjadi stimulus konsumen otomotif Indonesia untuk memiliki mobil ini.