Thursday, April 18, 2024

www.SportCorner.id Musim libur pergantian tahun menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu, terlebih bagi Anda yang merencanakan perjalanan darat jarak jauh bersama keluarga. Sebelum melakukan perjalanan, penting untuk memeriksa dan menyiapkan kendaraan dengan cermat sebelum berangkat, terlebih momen ini bertepatan dengan musim hujan.

Berkendara jarak jauh di musim hujan, memerlukan persiapan khusus karena kondisi jalan menjadi licin, timbul genangan air, dan membuat jarak pandang pengendara terbatas. Berikut ini sejumlah tips penting dari Michelin sebelum Anda mengawali kegiatan road trip:

Kurangi kecepatan

Mengurangi kecepatan merupakan langkah utama yang harus diingat dan diterapkan pengemudi saat berkendara di tengah hujan, khususnya saat hujan lebat. Antisipasi akan jauh lebih mudah dilakukan ketika berkendara dengan hati-hati dengan mengurangi kecepatan.

Pilih jenis ban yang tepat

"Jalan basah mengurangi daya cengkeram ban dan memperpanjang jarak pengereman. Untuk itu, memilih jenis ban dengan daya cengkerem optimal di medan basah dan dilengkapi fitur pengereman pendek sangat direkomendasikan,” ungkap Customer Engineering Support PT Michelin Indonesia M Fachrul Rozi.

Periksa tingkat keausan ban

Pastikan ban kendaraan masih dalam kondisi baik (tidak aus) ketika Anda ingin membawanya dalam perjalanan jauh. Pengecekan oleh profesional disarankan. Jika anda ingin melakukan penggantian 2 ban saja, pastikan ban tersebut dipasang di bagian belakang, untuk mengurangi resiko terjadinya hydroplaning.