Sunday, March 03, 2024

www.SportCorner.id - Bagi Francesco Bagnaia, kehadiran Marc Marquez di Ducati bersama Gresini Racing untuk MotoGP 2024 adalah sinyal bahaya.

Sang juara dunia asal Italia sebenarnya tidak keberatan menjadi rekan satu pabrikan dengan The Baby Alien namun kini dengan motor yang lebih kompetitif, maka posisinya bisa terancam.

Marquez dalam empat tahun terakhir tidak masuk dalam peta persaingan MotoGP seiring dengan hadirnya cedera juga menurunnya daya pacu Honda dibandingkan mesin Eropa.

Sejak 2020 hanya tiga kali Marquez naik ke podium pertama dan hal ini membuatnya frustasi. Puncaknya di MotoGP 2023 lalu dimana ia cuma sekali finis tiga besar dan meyakinkannya hengkang ke Ducati.

Ducati memang tengah menikmati dominasi kembali. Di 2022 dan 2023 mereka berjaya dengan Bagnaia meraja dua tahun beruntun.

Baca juga: Catatan Waktu Valentino Rossi dan Marc Marquez Saat Tes Motor Bareng

Itulah kenapa Marquez mau meninggalkan bayaran besar di Honda untuk menaikkan kansnya bersaing lagi bersama Ducati. Sekalipun hanya di tim satelit seperti Gresini.

Di MotoGP 2024, Marquez akan menaiki motor Desmosedici GP23 yang membawa Bagnaia menjadi juara. Meski nantinya ia sendiri akan mendapat kuda besi yang lebih disempurnakan dalam bentuk GP24, namun Bagnaia menganggap hal ini bisa menimbulkan ancaman.