Sunday, March 03, 2024

www.SportCorner.id - Piala Asia 2023 akan menggelar partai finalnya pada hari ini, Sabtu (10/2/2024), pukul 22.00 WIB antara Yordania dengan tuan rumah sekaligus juara bertahan yakni Qatar.

Yordania maju ke laga puncak setelah mengalahkan Irak, Tajikistan, dan Korea Selatan di fase knock out usai hanya menjadi salah satu peringkat tiga terbaik saat fase grup,

Sedangkan Qatar melalui proses yang lebih mulus. Mereka ke finalusai menyingkirkan Palestina, Uzbekistan, dan Iran pasca menjuarai Grup A.

Banyak fakta-fakta menarik soal duel Yordania vs Qatar yang rencananya digelar di Lusail Stadium tersebut. Kedua finalis Piala Asia 2023 punya latar belakang dan misi yang rupanya berbeda-beda.

Yordania yang sebelum edisi tahun ini hanya bisa menginjak delapan besar berpeluang mengikuti jejak Qatar di Piala Asia yaitu pertama kali masuk final dan langsung jadi juara.

Baca juga: Dari Curry sampai Haaland, 5 Atlet Top Dunia yang Lahir di Tahun Naga

Qatar melakukan hal tersebut pada Piala Asia 2019 lalu dengan mengalahkan Jepang di final sebagai underdog, posisi yang Yordania tempati saat ini.

Sementara itu Qatar punya kans mematahkan kutukan juara bertahan sejak Piala Asia 2007 yang tak pernah bisa mempertahankan mahkota di edisi berikutnya.