Sunday, March 03, 2024

www.SportCorner.id - Gelaran Piala Asia 2023 resmi berakhir usai berlangsungnya final pada Sabtu (10/2/2024) malam lalu antara Yordania vs Qatar.

Timnas Indonesia sendiri meski hanya melaju sampai babak 16 besar tetap mengukir rekor progres terjauh mereka di kompetisi empat tahunan tersebut meski tetap menyisakan sejumlah catatan untuk perbaikan.

Salah satu yang disorot adalah jumlah gol bunuh diri yang dicetak oleh tim asuhan Shin Tae-yong tersebut selama berlaga di Qatar.

Dari empat pertandingan termasuk di fase grup sampai 16 besar, Indonesia tercatat punya dua gol bunuh diri dan ini adalah jumlah terbanyak dari total 24 tim peserta.

Negara lain seperti Jepang, Yordania, Korea Selatan, Tajikistan, dan Uni Emirat Arab juga mendapati pemainnya menjebol gawang sendiri namun masing-masing hanya sekali saja.

Baca juga: Resmi! Rekor Scorer Termuda Piala Asia 2023 Milik Marselino Ferdinan

Own goal pertama Indonesia lahir di matchday ketiga Grup D melawan Jepang pada menit ke-88 saat Justin Hubner hendak melakukan blok pada tendangan Ayase Ueda.

Pada akhirnya Tim Garuda harus bertekuk lutut 3-1 dari The Blue Samurai dan harus bergantung pada hasil pertandingan grup lain untuk lolos ke babak gugur via jalur peringkat ketiga terbaik.