Sunday, March 03, 2024

www.SportCorner.id - Akram Afif adalah tokoh utama dalam sukses Qatar menjuarai Piala Asia 2023. Tidak cuma gelar pemain tersubur saja yang ia gondol namun juga pemain terbaik.

Penyerang 27 tahun itu dalam prosesnya mencetak delapan gol sejak fase grup hingga final. Tiga di antaranya dikemas melawan Yordania di partai puncak yang berakhir 3-0.

Tidak heran jika kemudian Afif layak diganjar dengan predikat MVP alias Most Valuable Player di Piala Asia edisi kali ini. Berikut profil singkatnya.

Akram Hassan Afif Yahya Afif lahir di Doha, Qatar, dari keluarga pendatang. Ayahnya yang bertumpah darah di Tanzania merupakan orang dengan keturunan Somalia dan Yaman. Ibunya pun juga masih merupakan keturunan Yaman.

Tidak hanya garis keturunan beragam saja yang Hassan Afif, sang ayah, turunkan pada Afif namun juga bakat sepakbola. Hassan sendiri adalah pemain yang malang melintang di Liga Qatar semasa aktif bermain dan sempat pula mengumpulkan 20 caps timnas Somalia sebagai gelandang.

Baca juga: Dulu Culun di Hadapan Indonesia, Kini Qatar Punya 2 Trofi Piala Asia

Afif pun kemudian tumbuh besar menjadi prospek penuh talenta. Tidak heran mengingat ilmu sepakbolanya ditempa di sejumlah akademi ternama Qatar seperti Al Sadd dan Aspire Academy.