Thursday, April 18, 2024

www.SportCorner.id - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir buka suara terkait keputusan menunda Liga 1 demi Timnas Indonesia U-23.

PSSI memutuskan menunda kompetisi Liga 1 demi timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Piala Asia U-23 pada 15 April hingga 5 Mei.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, memahami bahwa keputusan terbaik mesti diambil PSSI karena timnas maupun kompetisi sama pentingnya.

Erick ingin agar letupan prestasi timnas di level internasional ini bisa selaras dengan kompetisi yang mengakomodasi seluruh klub.

[Baca juga: Terus Dihujat, Rinov/Pitha Buktikan Bisa Raih Gelar Juara]

"Sebagai otoritas tertinggi sepak bola Indonesia, PSSI tentunya punya kewajiban untuk mempersiapkan timnas dan juga membela kepentingan klub," ujar Erick, Minggu (31/3/2024).

"Oleh karenanya kebijakan jeda sementara kompetisi selama Piala Asia U-23 adalah sebuah langkah serta solusi yang terbaik," katanya.

Di sisi lain Erick pun tahu saat ini banyak klub yang sedang memasuki agenda krusial di kompetisi. Oleh karenanya dispensasi serta perlakuan yang adil mesti diberikan kepada setiap klub.

"Karena PSSI paham di saat yang sama klub sedang dihadapkan pada agenda yang sangat ketat," ucpanya.

"Ada tim yang sedang bersaing untuk masuk babak championship, ada sebagian tim bersaing di papan tengah, dan ada pula yang sedang berjuang dan lolos dari jurang degradasi. Agar tak ada ruang bahwa pemanggilan pemain merugikan klub," ungkap pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN.