Wednesday, May 22, 2024

www.SportCorner.id - Saat timnas Indonesia harus menelan kekalahan di laga pertama mereka di fase grup Piala Asia U-23 2024, hasil berbeda didapatkan Thailand sebagai sesama wakil Asia Tenggara.

The War Elephants sukses menumbangkan Irak pada Selasa (16/4/2024) lalu dengan skor 2-0 dan mereka tidak tampil dengan kekuatan penuh.

Berangkat ke Qatar, Thailand memang harus merelakan sejumlah pemain terbaik mereka absen karena berbagai alasan.

Pelatih Issara Sritaro dipaksa menyusun skema tanpa nama-nama top seperti Leon James, Airfan Doloh, Channarong Promsrikaew, Jonathan Khemdee, dan Suphanat Mueanta.

Padahal kelimanya adalah pemain-pemain dengan jaminan starter. Terutama Channarong, Khmedee, dan Suphanat yang telah memiliki caps bersama Thailand senior.

Baca juga: Indonesia Wakil ASEAN Paling Banyak Pemain Abroad di Piala Asia U-23

Namun pada kenyataannya pool pemain yang luas membuat Thailand masih sanggup bersaing dengan negara-negara besar Asia lain.

Irak memang unggul dalam penguasaan bola (56%:44%) dan lebih agresif soal tembakan (23:7) namun mereka akhirnya tetap tumbang.

Selain Waris Choolthong dan Teerasak Poeiphimai yang jadi pencetak gol, sosok Erawan Grenier juga layak disorot. Ia mencetak satu assist lewat crossing indah untuk gol pertama Thailand.