Tuesday, May 28, 2024

www.SportCorner.id Memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April lalu, grup diler Hyundai Gowa merilis tips bagi para 'Kartini Masa Kini' untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan berkendara. Pasalnya, tidak sedikit kaum hawa yang memilih untuk mengemudi mobil sendiri dengan alasan kenyamanan dan lebih mendapatkan privasi.

1. Tingkatkan Kemampuan Mengemudi

Pengemudi perempuan hendaknya selalu mengasah kemampuan berkendara seperti skill parkir, skill pengereman, perhatikan spion, atau menghadapi kondisi darurat di kecepatan tinggi. Ketika menggunakan jalan, pengemudi pria maupun wanita memiliki tanggung jawab yang sama dan wajib memiliki kemampuan mengemudi yang memadai.

2. Perhatikan Kondisi Kendaraan

Langkah awal sebelum berkendara adalah memastikan mobil tidak memiliki kendala teknis seperti tekanan angin ban, oli mesin, dan komponen mobil lainnya untuk menghindari masalah. Perhatikan apakah ada suara aneh pada mesin dan semua lampu indikator di panel instrumen saat mesin hidup.

Sebaiknya, pengguna kendaraan mempelajari buku petunjuk/manual book yang berisi banyak informasi seputar kendaraan bersangkutan. Jika terjadi masalah, pengemudi perempuan hendaknya bisa merespon secara mandiri sehingga tidak panik atau kerepotan.

3. Pastikan Kelengkapan Surat- Surat Kendaraan

Sebelum memulai perjalanan, selalu pastikan kelengkapan surat-surat yang dibutuhkan dalam berkendara seperti SIM atau STNK dan masih berlaku. Jika SIM atau STNK mati, akan mengakibatkan masalah seperti kena tilang polisi. Selain itu, apabila surat-surat kendaraan sudah tidak berlaku, maka bisa menyulitkan klaim asuransi jika terjadi kecelakaan.