Friday, May 31, 2024

www.SportCorner.id Kegiatan Vespa World Days 2024 berhasil digelar di Pontedera, Pisa, akhir pekan lalu. Pagelaran ini dilakukan untuk merayakan 140 tahun berdirinya Piaggio Group, tepat di kota di mana Vespa lahir dan diproduksi tanpa henti sejak 1946.

Untuk pertama kalinya acara ini juga menjadi pertemuan tahunan Vespa Clubs dari seluruh dunia yang berhasil mencatatkan rekor baru dengan lebih dari 30 ribu peserta dari berbagai negara. Di antaranya, 20 ribu Vespa hadir dari Eropa seperti Jerman, Prancis, Inggris, dan Spanyol. Ada juga dari Australia, Hong Kong, Indonesia dan Mexico serta dari negara dan benua lainnya.

1 - Vespa World Days 2024.jpg

Dok. Piaggio Group Indonesia

Parade akbar Vespa yang digelar pada Sabtu (20/4) berhasil memecahkan rekor dari kegiatan sebelumnya, setidaknya ada 15 ribu Vespa yang mulai bergerak dari Pontedera lalu melintasi perbukitan Valdera. Terlihat juga display berbentuk ular warna-warni sepanjang lebih dari 16 kilometer yang menampilkan sejarah Vespa, mulai dari 98 cc yang paling awal dan paling langka hingga model GTS dan Primavera yang ultra-modern.