Tuesday, May 28, 2024

www.SportCorner.id Saat ini sudah banyak kendaraan listrik yang menawarkan jarak tempuh yang cukup jauh, antara 300 km hingga 500 km dengan kondisi baterai penuh. Namun untuk perjalanan jarak jauh, mereka masih enggan menggunakannya karena untuk mengisi ulang baterai, membutuhkan waktu cukup lama.

Hal inilah yang menjadi faktor utama yang membuat sebagian besar masyarakat masih enggan untuk membeli kendaraan bertenaga listrik. Mereka tetap memilih kendaraan konvensional atau kendaraan hybrid untuk memenuhi kebutuhan mobilitas jarak jauh.

Sebuah perusahaan energi bernama Contemporary Amperex Technology Co., Limited (CATL) pada Agustus tahun lalu mengguncang dunia saat memperkenalkan baterai Shenxing, baterai berteknologi Lithium Ferro Phosphate (LFP) yang mampu menambahkan 400 km jangkauan hanya 10 menit pengisi daya. Tidak sampai setahun kemudian, paket baterai tersebut sempat dipasangkan pada mobil sungguhan..

Tahun ini, CATL telah menggabungkan teknologi tersebut ke dalam paket yang lebih mengesankan lagi yang disebut Shenxing Plus, baterai yang tidak hanya mencapai jangkauan ribuan kilometer tetapi juga dapat menambah jarak sejauh 600 km hanya dalam hitungan menit.

CATL 2.jpg