Friday, May 31, 2024

www.SportCorner.id Perangkat rem sangat penting pada kendaraan karena sangat terkait dengan faktor keselamatan berkendara. Oleh karena itu, kita harus menjaga agar perangkat penahan laju kendaraan ini berfungsi dengan baik.

Tidak sedikit kecelakaan yang merenggut nyawa diakibatkan oleh gagalnya fungsi pengereman. Selain akibat masalah mekanis, kegagalan fungsi rem juga bisa diakibatkan oleh prosedur pengoperasian yang tidak benar.

Penggunaan rem yang berlebihan juga mampu membuat rem gagal fungsi. Contohnya: Saat berkendara di turunan panjang, sebagian besar pengendara (terutama pemula) kerap mengandalkan penuh pada perangkat rem untuk mengatur kecepatan. Padahal, penggunaan rem secara terus menerus dapat membuat rem gagal fungsi.

Manfaatkan engine brake

Kegagalan fungsi rem umumnya diakibatkan oleh panasnya komponen rem akibat kinerja yang dipaksakan. Rem yang terlalu panas dapat mengurangi koefisien gesek antara kampas dengan bidang gesek sehingga rem terasa kurang bahkan kehilangan gigitannya.

Untuk mencegah hal itu, pengendara dapat mengurangi beban rem dengan cara memanfaatkan engine brake. Hal ini berlaku baik untuk mobil maupun sepeda motor.

Caranya dengan menurunkan gigi transmisi ke level yang lebih rendah saat memasuki turunan panjang dengan dibantu penggunaan rem secukupnya untuk mengontrol laju kendaraan.

Dengan memanfaatkan engine brake, beban kerja rem akan berkurang sehingga rem tidak cepat panas. Berkurangnya beban kerja rem juga mampu membuat kampas rem lebih awet sehingga menghemat biaya perawatan.