Sunday, June 23, 2024

www.SportCorner.id Sepeda motor yang boros bahan bakar bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa penyebab umumnya serta solusinya:

Cara berkendara yang agresif

Melakukan akselerasi secara tiba-tiba dan sering mengerem mendadak bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Solusinya  adalah dengan mengubah gaya berkendara yang lebih santai. Hindari akselerasi mendadak yang tidak perlu dan lakukan pengereman secara bertahap.

Kurang tekanan angin ban

Tekanan ban di bawah rekomendasi pabrikan dapat meningkatkan gesekan antara ban dan jalan sehingga memperburuk konsumsi bahan bakar, sekaligus menurunkan usia pakai ban. Pastikan tekanan ban selalu terjaga.

Kurang perawatan

Komponen yang kondisinya tidak baik bisa membuat boros bensin. Filter udara dan busi yang kotor dapat mengganggu proses pembakaran mesin, sementara rantai yang kotor dan terlalu tegang dapat menghambat tenaga mesin ke roda belakang.

Solusinya, lakukan perawatan rutin seperti membersihkan filter udara dan busi atau menggantinya sesuai usia pakai. Jaga agar rantai tetap bersih dan terlumasi dengan baik, termasuk mengganti oli.

Bahan bakar tidak tepat

Menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan dapat mengurangi efisiensi mesin dan menyebabkan boros bahan bakar. Pastikan untuk menggunakan bahan bakar yang sesuai rekomendasi pabrikan.