Monday, June 17, 2024

www.SportCorner.id Saat ini kendaraan listrik, baik roda dua maupun roda empat semakin populer penggunaannya untuk kebutuhan mobilitas sehari-hari. Hal ini terlihat dengan semakin seringnya kita melihat kendaraan listrik di jalan-jalan ibu kota.

Sebagaimana diketahui, komponen termahal dari kendaraan listrik adalah baterai. Oleh karena itu, para pengguna kendaraan listrik perlu mengetahui bagaiman cara untuk membuat usia pakai baterai lebih awet.

Berikut beberapa tips untuk membantu memperpanjang usia pakai baterai kendaraan listrik:

Jangan biarkan baterai terisi penuh atau kosong total

Hindari mengisi baterai hingga penuh atau menggunakannya hingga daya baterai benar-benar habis. Untuk memperpanjang usia pakai baterai sebaiknya pertahankan baterai dalam kisaran 20% hingga 80% untuk pemakaian sehari-hari.

Waspada bila baterai terlalu panas

Jaga agar baterai kendaraan listrik tidak terlalu panas. Paparan panas berlebih dapat merusak sel baterai dan mempercepat penyusutan kemampuan menyimpan daya.

Jaga suhu optimal baterai

Suhu lingkungan terlalu dingin atau terlalu panas dapat memengaruhi kinerja baterai. Parkir kendaraan di tempat yang teduh dan terlindung dari sinar matahari langsung saat cuaca panas. Begitu juga bila suhu terlalu dingin. Lindungi baterai agar tetap pada suhu ideal.

Perhatikan cara berkendara