Sunday, June 23, 2024

www.SportCorner.id Pernahkah Anda mengalami kejadian di mana mesin kendaraan brebet usai Anda mencucinya. Kasus ini umumnya kerap terjadi pada kendaraan roda dua.

Mesin brebet setelah dicuci, ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu mengatasi masalah tersebut:

Sistem pengapian

Saat mencuci mesin kendaraan, air dapat menyusup ke dalam sambungan kabel tegangan tinggi coil dan busi yang bocor. Akibatnya loncatan bunga api menjadi liar dan terkadang tidak terjadi di kepala busi. Rusaknya insulator busi jugaa berpotensi membuat mesin brebet usai dicuci.

Saat mencuci mesin kendaraan, air dapat menyusup ke dalam sambungan kabel tegangan tinggi coil dan busi yang bocor. Akibatnya loncatan bunga api menjadi liar dan terkadang tidak terjadi di kepala busi. Rusaknya insulator busi juga berpotensi membuat mesin brebet usai dicuci.

Baca juga: Apa Pentingnya Menggunakan Radiator Coolant?

Kabel dan cop busi yang baik seharusnya tidak terpengaruh saat tersiram air, karena sudah dilengkapi karet penyekat air dan debu. Ganti segera cop busi dan busi yang bocor.

Sistem elektronik pengapian

Menyusupnya air pada sambungan kabel perangkat elektronik terkait sistem pengapian juga bisa menjadi penyebab. Perangkat elektronik sangat sensitif terhadap gangguan arus listrik yang kecil sekalipun.