Monday, June 17, 2024

www.SportCorner.id Sebagai pengendara kendaraan roda empat, Kamu harus menguasai teknik putar balik yang benar agar proses putar balik lebih efektif, efisien, dan aman.

Manuver yang efektif dan efisien juga membuat pengendara lain tidak perlu terlalu lama menunggu Kamu melakukan putar balik, sekaligus menghemat waktu dan tenaga.

Bagi pengemudi pemula, putar balik umumnya terasa sulit dilakukan karena butuh konsentrasi tinggi untuk memperhatikan kendaraan di sekitar, mengatur rem dan gas, tuas transmisi sekaligus memutar roda kemudi. 

Baca juga: Cara Mencuci Helm Biar Tetap Segar

Secara garis besar terdapat dua teknik putar balik yang bisa dilakukan, yaitu three point turn dan u turn. Kedua teknik ini bisa diterapkan sesuai dengan kondisi jalan dan lalu lintas.

Teknik Three Point Turn

Sesuai namanya, teknik three point turn adalah teknik putar balik mobil dengan cara maju mundur dalam tiga titik penghentian.

Biasanya hal ini dilakukan saat kondisi jalan dan lingkungan berkendara tidak memungkinkan untuk melakukan putar balik dalam satu kali putaran.

Untuk melakukan teknik three point turn, caranya hentikan kendaraan sejauh mungkin yang Kamu bisa dengan arah yang berlawanan dengan arah putar balik.