Tuesday, July 23, 2024

www.SportCorner.id Tidak jarang kita mendengar sejumlah kecelakaan kendaraan bermotor diakibatkan oleh fungsi rem yang tidak bekerja dengan baik bahkan tidak berfungsi sama sekali alias rem blong. Tidak sedikit juga peristiwa ini yang juga memakan banyak korban jiwa.

Rem blong sangat berbahaya karena dapat mengancam keselamatan pengendara dan orang-orang di sekitarnya. Namun rem blong dapat dikurangi risikonya jika Anda mengetahui langkah-langkah mengantisipasinya.

Yang pertama harus Anda lakukan adalah bersikap tenang dan jangan panik agar otak Anda bisa berfikir secara jernih. Berikut langkah=langkah antisipasi saat rem mulai terindikasi tidak berfungsi.

Menurunkan Gigi Secara Bertahap

Saat Anda mulai menyadari rem tidak berfungsi, segera turunkan gigi transmisi dari tingkat yang tinggi ke tingkatan yang lebih rendah secara bertahap.

Baca juga: Tutorial Posisi Mengemudi Truk Aman dan Nyaman dari Mercedes-Benz

Untuk transmisi otomatis konvensional, Anda bisa menggeser tuas transmisi ke bawah, misalnya dari D ke posisi 4 lalu ke 3 lalu ke 2 dan ke L. Jika transmisi matik dilengkapi fitur Sport atau Tiptronic, Anda bisa memanfaatkannya dan menurunkan gigi transmisi secara manual.