Tuesday, July 23, 2024

www.SportCorner.id - Melihat semakin maraknya pengguna kendaraan hybrid Toyota, Auto2000 merilis 10 daftar komponen yang wajib agar kendaraan elektrifikasi tetap terjaga dan siap bermobilitas. Berikut daftar komponen yang harus dicek:

1. Ban

Selain menopang bobot mobil beserta penumpang dan barang, ban juga bertugas menyalurkan tenaga sekaligus mengendalikan arah kendaraan. Cek kondisi ban mulai dari tekanan, hingga keausan tapak ban.

Pastikan tidak ada yang sobek atau benjol. Perhatikan pula kondisi dinding ban dari risiko kerusakan serupa. Segera ganti ban yang bermasalah.

2. Kaki-kaki Mobil

Pastikan shock absorber berfungsi normal dan tidak bocor, termasuk sistem kemudi. Pastikan karet-karet penyangga tidak getas dan robek. Segera atasi jika terjadi kerusakan pada parts kaki-kaki

3. Motor Listrik

Selain kaki-kaki, komponen di area kolong yang wajib dicek adalah motor listrik mobil hybrid. Pasalnya kerja komponen ini terbilang berat, apalagi kalau mobil melewati jalan banjir atau rusak. pastikan kondisinya dengan melakukan servis berkala.

4. Baterai Hybrid

Meskipun dilindungi dengan kuat, lokasi baterai di bawah dek penumpang rawan terkena benturan, panas, dan air. Cek baterai dan rumahnya, termasuk kisi-kisi pendinginnya.

Pada All New Kijang Innova Zenix HEV, baterai berada di bawah jok penumpang depan. Jangan sampai kisi-kisi lubang udara tersebut tertutup karena akan membuat baterai overheat.