Tuesday, July 23, 2024

www.SportCorner.id - Setahun lalu, perusahaan mobil listrik Nyobolt EV berjanji untuk menghadirkan mobil listrik yang bisa diisi daya dalam waktu kurang dari enam menit.

Kini mereka telah berhasil mengembangkan prototipe yang telah diuji di jalan dan bisa menambah jarak tempuh sejauh 193 km hanya dalam empat menit – menggunakan infrastruktur pengisian yang sudah ada.

Dengan teknologi baterai eksklusif mereka yang menggunakan anoda Niobium Tungsten Oxide, Nyobolt mengklaim kecepatan pengisian daya mobil listrik prototipnya dari 10% ke 80% hanya 4 menit 37 detik menggunakan charger cepat DC 350 kW, 800 V.

Baca juga: Intip Keunggulan Baterai Generasi Ketiga GAC Aion

Syaratnya, charger ini harus mampu memberikan arus konstan 500 ampere selama 4 menit pertama, dan jika berhasil, itu akan memberikan jarak tempuh 193 km hanya dalam 4 menit.

Nyobolt juga mengklaim, tanpa mempengaruhi umur siklusnya, baterai mereka dapat menangani lebih dari 4.000 siklus pengisian, yang setara dengan jarak tempuh lebih dari 965.000 km dan mempertahankan kemampuan baterai lebih dari 80%.

Ini bukan kali pertama kita mendengar perusahaan mobil listrik mengklaim pengisian ultra cepat. Lima tahun lalu, mobil Piëch Mark Zero juga pernah menjanjikan dapat mengisi daya dari 0-80% dalam 4 menit 40 detik, namun hingga saat ini belum ada kabarnya.