Tuesday, July 23, 2024

www.SportCorner.id - UEFA menunjuk Felix Zwayer untuk jadi wasit pemimpin laga semifinal laga Euro atau Piala Eropa 2024 antara Inggris vs Belanda pada Kamis (11/7/2024) mendatang.

Hanya saja pria asal Jerman tersebut rupanya pernah terjerat kasus pengaturan skor yang mana menimbulkan kontroversi besar di kalangan publik.

Pada 2005 silam Zwayer pernah mendapatkan hukuman larangan menjadi wasit selama enam bulan olef federasi sepakbola Jerman, DFB.

Alasannya adalah ada dugaan ia menerima suap senilai 300 Euro untuk mengintervensi jalannya pertandingan di kasta kedua negara tersebut.

Uang tersebut ditawarkan oleh rekan sesama wasit Jerman, Robert Hoyzer, yang mana kemudian dicabut lisensi referee-nya oleh DFB untuk selamanya.

Baca juga: Pemain Kanada yang Harus Diwaspadai Argentina

Yang menarik adalah Zwayer bisa melanjutkan karier sebagai korps baju hitam sampai sekarang dan sejak 2012 memegang status wasit FIFA.

Sejumlah pertandingan penting pun sudah dipercayakan lagi padanya. Salah satu yang terbesar adalah Der Klasiker antara Borussia Dortmund vs Bayern Munchen pada Bundesliga 2020/2021.

Kala itu Bayern sukses menang 2-3 di Signal Iduna Park, kandang Dortmund, berkat penalti yang Felix Zwayer berikan dan dieksekusi secara sempurna oleh Robert Lewandowski.