Cara Tepat Mengemudi Mobil dengan Tranmisi CVT Agar Lebih Awet

Mengemudi mobil dengan CVT mirip dengan transmisi otomatis biasa, tapi ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan agar mesin dan transmisi awet.

Share:
Tuas transmisi CVT - ASTRA DAIHATSU
Otomotif
Tuas transmisi CVT - ASTRA DAIHATSU

www.SportCorner.id - Secara teori, mengemudikan mobil bertransmisi otomatis konvensional dengan transmisi otomatis jenis Continuous Variable Transmission (CVT) tidak ada bedanya. Cukup pindahkan tuas ke posisi D, tekan pedal gas dan mobil pun melaju.

Akan tetapi, dilihat dari desain dan konstruksinya, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat saat mengemudi dengan mobil CVT dan ini sangat serius.

Transmisi manual dan otomatis konvensional memiliki susunan tahapan gigi yang tetap menggunakan roda-roda bergerigi, sementara CVT tidak memiliki gigi. Sebagai gantinya, terdapat dua puli (pulley) yang 'diameternya' dapat berubah-ubah.

Baca juga: Tips Berkendara Aman bersama Sang Buah Hati dari Hyundai Gowa

Puli pertama terhubung ke mesin, sementara puli lainnya ke output shaft yang menuju ke roda. Kedua puli dihubungkan dengan sabuk baja. Kedua puli berputar dengan rasio putaran yang dapat berubah-ubah, tergantung kebutuhan.

Perubahan rasio dimungkinkan dengan cara mengubah lebar masing-masing puli yang memungkinkan ukuran diameter operasional keduanya juga dapat berubah-ubah secara kontinyu dan mulus..


Baca Juga

Komunitas Beyond EVentureland BYD M6 1st Anniversary. (BYD)

Keseruan Komunitas Beyond Rayakan Satu Tahun Perjalanan BYD M6

Cek berkala sistem pendingin motor. (Bike Restart)

Ini Tanda Mesin Motor Overheat dan Cara Mengatasinya

Utamakan pasang ban baru di poros belakang. (Wrench Inc)

Budget Minim, Ban Mobil Baru Pasang di Depan atau di Belakang?

Pilih helm sesuai dengan kebutuhan. (Autoevolution)

Tips Memilih Helm Motor yang Aman dan Nyaman