Thursday, April 18, 2024

Sportcorner.id - Ferrari menarik kembali atau recall 425 unit model hybrid 296 GTB dan 296 GTS. Penarikan itu terkait masalah potensi kebocoran bahan bakar.

Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS menyatakan, dua model Ferrari itu berpotensi mengalami kebocoran pada bagian pipa penghubung tangki bahan bakar.

Dikutip dari Hindustan Times, Minggu (14/5/2023), Ferrari telah menginstruksikan pemilik 296 GTB dan 296 GTS hybrid untuk tidak mengendarai kendaraan mereka.

Produsen mobil supercar Italia ini telah menemukan bahwa pipa penghubung tangki bahan bakar dari aluminium dapat secara tidak sengaja bersentuhan dengan penutup perlindungan baterai tegangan tinggi yang terbuat dari serat kaca dan baja inoks.

Seperti yang dinyatakan oleh produsen mobil, aluminium dan baja dapat bereaksi secara kimiawi, membentuk korosi pada tangki bahan bakar dan pipa penghubungnya.

Kebocoran pada tangki bahan bakar dan pipa penghubungnya dapat menyebabkan kebakaran, yang mendorong produsen mobil untuk menarik kembali mobil-mobil sport yang terkena dampak.

Produsen mobil akan memperbaiki masalah ini dengan mengganti pipa penghubung tangki bahan bakar yang ada dengan pipa yang dilapisi pelindung karet anti-korosi.

Merek mobil tersebut mengatakan bahwa mereka akan memeriksa dan memperbaiki masalah pada kendaraan yang terkena dampak secara gratis.

Perusahaan tersebut kabarnya akan mengirim surat pemberitahuan kepada pemilik kendaraan yang terkena dampak pada atau sebelum tanggal 7 Juli, menginstruksikan pemilik kendaraan yang terkena dampak untuk menghubungi dealer Ferrari guna menjadwalkan perbaikan dan tidak menggunakan kendaraan.