Thursday, April 18, 2024

www.SportCorner.id Rantai merupakan komponen penting pada sepeda motor. Pasalnya, komponen inilah yang berfungsi menyalurkan tenaga mesin ke roda belakang.

Sepeda motor modern umumnya memiliki rantai yang terbuka sehingga mudah terpapar oleh debu dan kotoran. Rantai yang kotor dapat menambah beban kinerja mesin sehingga performanya menjadi tidak maksimal.

Rantai yang kotor juga dapat memperpendek usia pakai rantai dan roda gigi (sprocket) akibat keausan yang cepat yang ditandai dengan kondisi rantai yang terlalu sering kendur. Oleh karena itu, rantai butuh dibersihkan dan mendapat perawatan.

Cara membersihkan rantai motor juga harus dilakukan menggunakan cara dan bahan yang aman agar tidak merusak rantai. Oleh karena itu, kenali rantai motor Anda.

Jenis-jenis rantai motor

Ada dua jenis rantai motor, rantai dengan ring dan rantai tanpa ring. Rantai dengan ring sendiri ada dua macam, yaitu rantai O-ring dan X-ring. Umumnya ring terbuat dari karet dan berfungsi menjaga pelumas tidak keluar.

Sedangkan rantai tanpa ring desainnya lebih sederhana sehingga harganya lebih ekonomis. Karena tidak memiliki seal ring, jenis rantai ini cepat kering sehingga harus sering-sering dibersihkan dan dilumasi.

Akibat pelumas yang mudah kering juga membuat usia pakai rantai jenis ini menjadi lebih pendek dibandingkan dengan rantai dengan seal ring.

Rantai X ring.jpg