Thursday, April 18, 2024

www.SportCorner.id Head of Brand PT Chery Sales Indonesia (CSI) Rifkie Setiawan mengumumkan bahwa perusahaannya secara resmi memproduksi mobil listrik Omoda E5 yang sebelumnya diperkenalkan sebagai Omoda 5 EV. Mobil listrik terbaru dari Chery ini diproduksi di fasilitas perakitan kendaraan milik PT Handal Indonesia Motor (HIM) yang berlokasi di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.  

Pernyataan ini diungkapkan oleh Rifkie di sela-sela acara Diskusi HUT Ke-20 Forwot (Forum Wartawan Otomotif) di The Pelangi Hotel & Resort Bogor, Jawa Barat, Minggu (3/12). Ia juga menjelaskan bahwa keputusan memproduksi Omoda E5 bertujuan untuk menegaskan komitmen CSI untuk mendukung program Pemerintah Indoinesia dalam percepatan elektrifikasi di Indonesia.

"Kami ingin menunjukkan komitmen kami mendukung pemerintah dalam proses elektrifikasi. Maka dari itu, kita hadirkan Omoda E5 dan memproduksinya secara lokal," tuturnya.

Chery Omoda E5 sendiri sudah diperkenalkan di Indinesia di ajang pameran otomotif akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2023 lalu. Yang cukup menggembirakan menurut Rifkie, meskipun belum diumumkan harga resminya, Omoda E5 mendapat sambutan yang cukup positif. Hal ini terlihat dari jumlah pemesanan yang sudah mencapai hampir 400 unit, dan masih terus bertambah.

Tidak hanya merakit di dalam negeri, Chery juga berupaya untuk menambah Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Targetnya bisa mencapai 40% sesuai dengan anjuran Pemerintah Indonesia. "Target mengejar (TKDN) 40% akan kita kejar pada 2024 mendatang. Bahkan kami punya rencana untuk melokalisasi komponen hingga 60-80%," imbuh Rifkie.