Wednesday, April 17, 2024

www.SportCorner.id REM merupakan salah satu komponen vital pada sepeda motor. Fungsinya adalah untuk menghentikan dan mengatur laju kendaraan. Mengingat pentingnya peranan rem dalam hal keselamatan dan kenyamanan berkendara, pemilik sepeda motor perlu memperhatikan komponen yang satu ini.

Secara umum, ada dua jenis rem yang digunakan pada sepeda motor, yakni rem cakram dan rem tromol. Rem cakram juga terbagi dua jenis, yaitu sistem mekanis dan hidrolis. Namun saat ini sistem mekanis sudah tidak lagi digunakan (terakhir digunakan pada Honda GL100 tahun 80-an).

Rem cakram saat ini umumnya menggunakan sistem hidrolis. Bekerjanya dengan cara menjepit piringan.cakram/disc dengan bidang gesek (kampas rem/brake pads) untuk menahan laju roda.

Jika tuas rem ditekan maka cairan hidrolis yang berada pada master rem ikut tertekan oleh sebuah piston sehingga (cairan rem/brake fluid/minyak rem) akan mengalir melalui selang menuju bodi kaliper rem di bagian roda, dengan tekanan yang tinggi.

Sampai di kaliper, minyak rem bertekanan tadi ikut mendorong piston di dalam kaliper rem sehingga kampas rem bergerak menjepit cakram untuk memperlambat bahkan menghentikan laju kendaraan.

Sedangkan rem tromol pada sepeda motor, umumnya menggunakan sistem mekanis untuk membuat sepasang sepatu rem (brake shoe) mengembang dan menekan bagian dalam dari tromol rem (brake drum) sehingga menghasilkan gaya gesek yang dapat membantu untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan.