Thursday, April 18, 2024

www.SportCorner.id Honda Motor Co Ltd bekerja sama dengan Isuzu Motors Limited dalam uji coba truk berbahan bakar hidrogen GIGA Fuel Cell di Jepang yang dimulai sejak akhir 2023 hingga September 2024 mendatang. Keduanya berkolaboras untuk pengumpulan data, pengetahuan, dan mengidentifikasi masalah teknis sebagai persiapan sebelum dipasarkan pada 2027.

Pada Januari 2020 lalu Honda dan Isuzu telah menandatangani perjanjian kerja sama untuk menghasilkan kendaraan yang memiliki kemampuan berkendara jarak jauh, berkapasitas beban besar, pengisian bahan bakar cepat serta ramah lingkungan. Model prototype yang akan diuji di jalanan umum ini sebelumnya telah diperlihatkan pada pameran Japan Mobility Show Oktober 2023 lalu.

Foto 1.jpeg

Salah satu karakteristik unik dari hidrogen adalah kemampuannya untuk menyimpan energi dengan kepadatan yang tinggi. Karakteristik ini memberikan manfaat besar pada heavy-duty trucks, yang memiliki bobot lebih besar dan jangkauan lebih jauh dibandingkan mobil penumpang pada umumnya. Pemanfaatan energi hidrogen menjadi suatu nilai lebih untuk teknologi yang lebih ramah lingkungan.