Sunday, March 03, 2024

www.SportCorner.id Mencuci mobil bukan hanya sekadar untuk menjaga penampilan, tetapi juga untuk merawat kendaraan Anda agar tetap dalam kondisi terbaik. Terlebih setelah Anda berkendara dalam kondisi hujan. Berikut adalah 10 kiat mencuci mobil dengan efektif dan aman:

1. Pilih Produk Pembersih yang Tepat
Siapkan shampo mobil yang dirancang khusus untuk mencuci kendaraan. Hindari menggunakan deterjen rumah tangga atau bahan pembersih yang keras, karena bisa merusak cat mobil dan menyebabkan korosi. Sebaiknya pilih shampo mobil dwi fungsi, umumnya bertuliskan 'wash and wax'.

2. Hindari Mencuci di Bawah Sinar Matahari Langsung
Usahakan untuk mencuci mobil di tempat yang teduh atau pada pagi atau sore menjelang malam. Sinar matahari langsung dapat membuat shampoo mengering terlalu cepat, meninggalkan noda dan bercak pada permukaan bodi dan kaca mobil.

3. Gunakan Spons Halus
Sebelum menggunakan shampoo, semprotkan air ke seluruh bodi mobil untuk mengusir debu dan kotoran serta pasir, terlebih setelah berkendara dalam kondisi hujan di jalan bebas hambatan. Pastikan seluruh bagian mobil tersiram oleh air. Bila memungkinkan, gunakan air bertekanan. 
Gunakan spons halus untuk meratakan sampo sekaligus membantu mengangkat kotoran. Hindari menggunakan spons kotor yang bisa menyebabkan goresan. Oleh karena itu disarankan untuk sering membilasnya saat meratakan shampoo.