Saturday, March 02, 2024

www.SportCorner.id - Sebelum resmi bergabung dengan Gresini Racing untuk MotoGP 2024, Marc Marquez sempat dihubungkan dengan tim satelit Ducati lain yakni Pramac Racing.

Hanya saja garansi menjadi rider di tim pabrikan Ducati membuat The Baby Alien membulatkan keputusan memilih Gresini ketimbang Pramac.

Dari segi motor, Pramac sebenarnya memiliki keunggulan ketimbang Gresini. Meski mereka adalah tim satelit namun diberi jatah seri motor yang sama dengan yang dipakai pembalap pabrikan.

Itulah kenapa Jorge Martin bisa menjadi pesaing utama dari Francesco Bagnaia, rider Ducati Lenovo, menuju titel MotoGP 2023 lalu.

Keduanya menunggang mesin yang sama, Desmosedici GP23, sementara mereka yang di Gresini menggunakan seri dari musim sebelumnya GP22.

Baca juga: Marc Marquez dan Alex Marquez Bakal Datang ke Jakarta Pekan Ini

Di Gresini pada MotoGP 2024, Marquez akan dibekali GP23 sedangkan Martin dan Bagnaia selangkah lebih maju dengan GP24 mereka. Akan tetapi ini pengorbanan yang rela dilakukannya demi bisa lebih cepat pindah ke Ducati Lenovo.

Marquez pun memilih ke Gresini karena hanya ditawari kontrak setahun meski dengan motor lawas. Sedangkan Pramac isunya juga sempat memberi proposal namun kontrak dua tahun membuatnya enggan karena hanya memperlambat proses menuju pabrikan.