Thursday, February 22, 2024

www.SportCorner.id - Timnas Indonesia keluar sebagai juara turnamen AFC eAsian Cup 2023 pada Senin (5/2/2024) malam WIB usai mengalahkan Jepang 1-1 (p3-2) dan 1-0 di final.

Ini adalah catatan gemilang bagi Tim Garuda yang beranggotakan Rizky Faidan, Akbar Paudie, dan Elga Cahya karena ini adalah edisi pertama AFC eAsian Cup.

Jepang juga sedikit lebih diunggulkan mengingat gim serta konsol yang digunakan adalah produk mereka namun usai melewati pertarungan ketat best-of-3, juara sebenarnya bisa ditentukan.

Sejak pertandingan pertama duel Indonesia vs Jepang berlangsung sangat sengit. Terlihat jelas jika The Blue Samurai adalah lawan terbaik yang dihadapi sejauh ini di turnamen dan telah berkembang sejak match pertama di fase grup.

Jepang lebih banyak mendominasi membuat Indonesia hanya mampu melepas satu tembakan tepat sasaran saja namun tembakan itu juga yang membuat Merah-Putih unggul lebih dulu.

Baca juga: Radja Nainggolan Kritisi Red Card Reva Adi, Netizen: Welcome to Liga 1

Keunggulan 1-0 bisa Indonesia pertahankan sampai injury time namun Jepang justru bisa menyamakan skor di detik-detik pamungkas sehingga laga berlajut ke extra time dan kemudian adu penalti.

Indonesia di atas angin karena dua penendang pertama Jepang gagal namun kelengahan mereka membuat tos-tosan malah harus diselesaikan via sudden death. Beruntung kemenangan 3-2 mampu diamankan usai clutch play sebagai kiper.