Sunday, March 03, 2024

www.SportCorner.id - MotoGP 2024 akan memulai seri pertamanya pada 10 Maret mendatang di Lusail, Qatar, dan sepertinya akan jadi musim yang berat pula bagi para pembalapnya.

Total dijadwalkan ada 42 race termasuk main dan sprint race yang kemungkinan akan memperbesar kans cedera serta kecelakaan.

Kalender MotoGP musim depan sendiri sebenarnya sudah terpangkas dengan dibatalkannya GP Argentina karena masalah internal negaranya namun tetap saja agenda untuk 2024 dirasa masih memberatkan.

Berkaca dari musim lalu, penambahan sprint race yang dibuat untuk memperbanyak hiburan bagi fans serta menambah daya kompetisi tiap pembalap rupanya memiliki efek bak pedang bermata dua.

Mengutip dari Crash, tidak satu pun balapan pada MotoGP 2023 lalu diikuti oleh 22 rider utama lengkap.

Baca juga: Marc Marquez dan Honda jadi Alasan Casey Stoner Pensiun dari MotoGP

Artinya di setiap seti selalu ada saja pembalap yang absen akibat cedera efek dari kecelakaan dan sprint race jadi kambing hitam yang kompak ditunjuk banyak pihak.

Masih menurut Crash, tercatat ada juga 15 pembalap dari total 22  di MotoGP 2023 mengalami cedera. Bahkan sembilan di antaranya sampai harus absen pada satu seri sekaligus secara bersamaan.