Sunday, March 03, 2024

www.SportCorner.id - Nigeria vs Pantai Gading berjumpa di final Piala Afrika 2023 pada Senin (12/2/2024) dini hari WIB yang berkesudahan dengan skor 1-2.

Meski menjalani turnamen penuh liku dan drama, Les Elephant mampu menaklukkan The Super Eagles lewat comeback untuk kemudian berhak berpesta di kandang sendiri.

Nigeria sebenarnya lebih diunggulkan ketimbang Pantai Gading saat keduanya dipertemukan di Olympick Stadium of Ebimpe. Keduanya sudah bertemu di Grup A dan tuan rumah kompetisi keok dengan skor 0-1.

Nigeria juga belum sekalipun kalah di Piala Afrika 2023 namun semangat juang Pantai Gading membuat mereka tampil dominan di partai puncak.

Total selama 90 menit sang Gajah Afrika mampu melepas 18 tembakan dimana 8 di antaranya tepat sasaran. Mereka juga bisa mengausai 63% aliran bola sehingga lini depan lawan yang digalang Victor Osimhen, Ademola Lookman, dan Samuel Chukwueze mati kutu dan cuma punya sekali temabakan on target.

Baca juga: Jay Idzes Target Debut di Timnas Indonesia Kontra Vietnam

Hanya saja Nigeria tetap mampu unggul lebih dulu lewat kapten sealigus bek andalan mereka, William Troos-Ekong, pada menit 38 yang menanduk masuk bola sepak pojok untuk mengukir gol keduanya ke gawang Pantai Gading di Piala Afrika 2023.