Saturday, April 20, 2024

www.SportCorner.id Hari Raya Idul Fitri semakin dekat, dan bersamaan dengan hal itu, sebagian besar masyarakat Indonesia tengah bersiap untuk mudik, bahkan bagi masyarakat yang tidak merayakan Lebaran. Pasalnya mudik lebaran merupakan momen penting untuk bertemu keluarga dan sanak saudara di kampung halaman.

Agar perjalanan lancar, aman dan nyaman, berikut ini adalah beberapa tips yang perlu dipersiapkan dengan baik sebelum mudik.

Perawatan Kendaraan secara Rutin:
Pastikan kendaraan Anda selalu menjalani perawatan rutin, dan sebelum perjalanan panjang lakukan pemeriksaan ulang terutama servis mesin, pengecekan oli, filter, rem, dan sistem pendingin yang menjadi hal paling penting untuk diperhatikan.

Pengecekan Ban dan Cairan Kendaraan:
Periksa tekanan angin pada semua ban dan pastikan kembangan ban dalam kondisi baik untuk menjaga daya cengkram ban saat kondisi hujan. Pastikan juga cairan kendaraan seperti cairan pendingin radiator (coolant), oli mesin, cairan rem, dan air wiper dalam kondisi baik untuk menghindari potensi masalah dalam perjalanan. Yang tak kalah penting, pastikan wiper berfungsi dengan baik, bila perlu ganti karet wiper dengan yang baru.

Bawa Barang Secukupnya:
Hindari memuat kendaraan dengan beban berlebihan yang dapat memengaruhi kinerja kendaraan. Selain mempengaruhi pengendalian, beban berlebih juga dapat memperpendek usia komponen suspensi dan kaki-kaki kendaraan. Bawa hanya barang yang diperlukan selama perjalanan.