Wednesday, April 24, 2024

www.SportCorner.id - Gelaran Piala Asia U-23 2024 sudah semakin dekat dan dikabarkan timnas Indonesia menyasar target empat besar di Qatar.

PSSI pada awalnya hanya memberi misi menjejak perempat final namun pelatih Shin Tae-yong (STY) dilaporkan percaya anak-anak asuhnya bisa selangkah lebih baik.

Apa yang dicanangkan STY adalah hal yang boleh dibilang terlal berani. Terutama dengan isu bahwa diperpanjang atau tidaknya kontrak dengan PSSI akan ditentukan sukses di Piala Asia U-23 nanti.

STY boleh percaya diri dengan dibebaskannya ia memilih pemain manapun dari Liga 1 menyusul penundaan jalannya kompetisi secara tiba-tiba oleh PT LIB namun target semifinal rasanya masih terlalu berat.

Benar jika saat ini timnas Indonesia punya pemain-pemain U-23 potensial yang mampu bersaing dengan 15 negara lain namun ada sejumlah faktor yang juga perlu dipertimbangkan.

Baca juga: Susul Pattynama & Nathan, Calvin Verdonk Siap Bela Timnas Indonesia

Yang pertama adalah potensi tidak akan bisa dipanggilnya sejumlah pemain dari klub luar negeri mengingat Piala Asia U-23 2024 bukanlah agenda resmi FIFA.

Cyrus Margono, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan, Justin Hubner, Ivar Jenner, hingga Rafael Struick semuanya dimiliki klub dari Eropa dan Asia sehingga ada kans mereka diblok dari panggilan STY.