Thursday, April 18, 2024

www.SportCorner.id - Pro dan kontra soal naturalisasi pemain tak pernah padam. Sang legenda, Bambang Pamungkas, turut angkat bicara.

Di era Shin Tae-yong, banyak pemain keturunan yang dijadikan WNI (Warga Negara Indonesia). Pelatih asal Korea Selatan itu ingin pemain yang dinaturalisasi harus punya darah Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, sudah ada cukup banyak pemain keturunan yang memperkuat Timnas Indonesia.

Beberapa nama di antaranya adalah Jordi Amat, Elkan Baggott, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, Thom Haye.

Masih ada beberapa nama lagi yang dikabarkan akan dinaturalisasi untuk memperkuat timnas Indonesia. Kehadiran pemain naturalisasi sejauh ini terbukti efektif.

[Baca Juga: Pernyataan Erspo usai Ramai Ajakan Boikot Jersey Timnas Indonesia]

Timnas Indonesia punya kans besar lolos ke putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah berhasil dua kali mengalahkan Vietnam.

Di Piala Asia 2023, Indonesia juga mencetak sejarah dengan berhasil lolos ke babak knock-out.

Tapi, ada suara-suara yang tak setuju dengan program naturalisasi walaupun masih punya darah keturunan Indonesia. Lewat tulisannya, Bambang Pamungkas ikut bersuara.

"Secara pribadi saya masih pada pendapat saya sebelumnya, jika saya tidak pernah anti dengan dengan program naturalisasi pemain ini," ujar pria yang akrab disapa Bepe, dalam tulisannya pada (30/3/2024).