Wednesday, April 17, 2024

www.SportCorner.id - Empat tahun karier Shin Tae-yong sebagai pelatih timnas Indonesia banyak diwarnai momen indah namun tidak sedkit pula yang masih meragukannya.

Nada miring kerap diarahkan pada manajer asal Korea Selatan tersebut dari sejumlah tokoh sepakbola tanah air namun yang jelas sosok yang akrab disapa STY itu diapresiasi oleh negara asalnya.

Salah satu media Korea, Chosun, mewartakan bagaimana STY sejak kedatangannya ke Indonesia pada 2020 silam sudah membawa banyak perubahan besar.

Chosun menyorot soal kemampuan pria 52 tahun itu menyulap sangara yang lebih sering jadi pecundang di kancah internasional menjadi lebih kompetitif.

Sukses terbaru STY adalah membawa timnas Indonesia mengalahkan Vietnam dua kali di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca juga: PSSI Akan Gelar Kongres Juni 2024, Apa Saja Agendanya?

Kemenangan tersebut membawa Tim Garuda selangkah lebih dekat dengan putaran ketiga yang mana belum pernah mereka pijak sebelumnya.

Dukungan masif dari fans jadi salah satu alasan kenapa STY masih bisa bertahan sampai sekarang dan memperbaiki kualitas sepakbola dalam negeri.

"Shin Tae-yong mengubah sepakbola Indonesia," tulis Chosun di judul artikel mereka edisi Rabu (3/4/2024).