Wednesday, May 22, 2024

www.SportCorner.id Mengoperasikan mobil hybrid memang sedikit berbeda dibandingkan mobil konvensional, tetapi tidak terlalu sulit untuk diadaptasi. Berikut ini beberapa langkah untuk mengoperasikan mobil hybrid agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

1. Memahami mode hybrid

Mobil hybrid memiliki beberapa mode operasi:
- EV (Electric Vehicle) di mana kendaraan dijalankan oleh motor listrik yang energinya mengandalkan 100% dari baterai. 
- Series Hybrid, di mana kendaraan digerakkan oleh motor listrik oleh baterai, sementara mesin berfungsi untuk mengisi daya baterai.   
- Parellel Hybrid, di mana kendaraan digerakkan oleh dua sumber yaitu mesin dan motor listrik. Pada saat bersamaan, mesin juga aktif mengisi daya baterai.

2. Pelajari buku panduan kendaraan

Bacalah buku panduan kendaraan (manual book) untuk lebih mengenal kendaraan Anda, sekaligus memahami bagaimana setiap mode berfungsi dan bagaimana cara untuk mengoptimalkan penggunaannya. Pada buku manual terdapat berbagai informasi, apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang tidak boleh dilakukan pada kendaraan Anda.

3. Menghidupkan dan mematikan kendaraan

Pastikan pedal rem diinjak sebelum menekan tombol start/stop dan posisi transmisi ada pada posisi P. Saat distart, umumnya mobil hybrid akan berada pada mode listrik (EV). Begitu pula saat mematikan mesin, pastikan transmisi berada pada mode Park (P).