Sunday, June 23, 2024

www.SportCorner.id Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) Fadillah Arbi Aditama berkesempatan merasakan persaingan balap dunia Moto3 di Circuit de Barcelona-Catalunya, Spanyol, pada 25-26 Mei 2024. Ini adalah kesempatan pertama buat Arbi berlaga di Moto3 di kejuaraan dunia di benua Eropa.

Pemuda asal Purworejo, Jawa Tengah lulusan Astra Honda Racing School (AHRS) ini memiliki catatan yang baik di sirkuit Catalunya. Tahun lalu, ia berhasil menduduki podium pertama saat bersaing di FIM JuniorGP.

Seri Catalunya merupakan kesempatan kedua Arbi turun sebagai wildcard di ajang Moto3 World Championship, di mana tahun lalu ia juga bersaing sebagai wildcard di Sirkuit Mandalika dan berhasil finis di posisi ke-17. Arbi akan bersaing dengan para pembalap level dunia bersama Honda Team Asia.

"Saya sempat cidera dan melewati dua putaran balap di FIM JuniorGP, namun saya bersyukur dapat mengikuti balapan berikutnya di Catalunya, satu minggu sebelum jadwal GP. Saya akan berusaha sebaik mungkin membanggakan Indonesia di GP Catalunya,” ujar Arbi.

Arbi yang saat ini bersaing di FIM JuniorGP merupakan jebolan AHRS tahun 2019. Menapaki jenjang balap yang disusun oleh PT Astra Honda Motor (AHM), Arbi memulai karir balap internasionalnya di ajang Asia Talent Cup pada musim 2021 saat berusia 15 tahun.

Potensi yang menjanjikan pun ia tunjukkan, sehingga Arbi mendapat kesempatan untuk bersaing di ajang FIM JuniorGP hingga saat ini memasuki musim keduanya di persaingan balap tersebut.