Sunday, June 23, 2024

www.SportCorner.id Shock absorber adalah salah satu komponen penting pada sistem suspensi kendaraan. Meskipun tersembunyi dan kurang terperhatikan dibandingkan bagian lainnya, shock absorber memiliki peran besar dalam kenyamanan, kendali, dan keselamatan berkendara.

Banyak pemilik kendaraan yang tidak menyadari risiko yang terkait dengan tetap berkendara dengan kondisi shock absorber rusak. Berikut ini beberapa alasan mengapa mengganti shock absorber yang rusak adalah langkah yang sangat penting.

Meningkatkan risiko kecelakaan

Shock absorber yang rusak menyebabkan pengendalian kendaraan terganggu. Shock absorber yang tidak berfungsi normal membuat roda kendaraan menjadi lebih sulit untuk mengatasi guncangan dan getaran akibat jalan yang tidak rata. Bahkan membuat roda mudah kehilangan traksinya sehingga sangat berbahaya terutama dalam situasi darurat.

Mengurangi performa rem

Shock absorber yang rusak juga dapat memengaruhi performa sistem rem. Saat shock absorber tidak berfungsi baik, bobot kendaraan cenderung bergeser secara tidak merata saat dilakukan pengereman. Akibatnya, gerakan arah kendaraan menjadi liar dan sulit dikendalikan.

Shock absorber bermasalah juga membuat performa pengereman menjadi tidak efisien sehingga memperpanjang jarak pengereman. Meningkatnya jarak pengereman tentu akan meningkatkan risiko tabrakan.

Suspensi mobil B SportCorner.id CHADIE