Monday, June 17, 2024

www.SportCorner.id Masalah mesin sepeda motor tidak mau hidup bisa karena berbagai faktor. Akan tetapi Anda harus memahami sumber permasalahannya. Hal itu bisa diketahui dengan cara memperhatikan reaksi sepeda motor saat kita start.

Permasalahan mesin tidak mau start dapat dibagi mejadi dua faktor. Faktor pertama adalah masalah di seputar starter elektrik. Faktor kedua, masalah di seputar mesin.

Permasalah pada starter elektrik

Untuk memeriksa permasalahan pada starter elektrik, Anda harus memastikan baterai/aki kendaraan dalam kondisi baik dengan ditandai lampu indikator yang menyala normal saat kunci kontak diputar 'on'.

Tekan tombol starter (jangan lupa mengaktifkan kedua tuas rem bila motor Anda berjenis skutik) dan standar samping terlipat. Perhatikan reaksinya. Bila tidak ada reaksi sama sekali, coba periksa kondisi sekring dan pastikan kondisinya normal.

Khusus motor skutik, pastikan juga saat tuas rem diaktifkan, lampu rem ikut menyala (pastikan juga bohlam tidak putus). Bila lampu rem tidak menyala, berarti ada masalah pada switch rem. Bila switch rem rusak, fungsi starter juga akan terganggu.

Tekan kembali tombol starter berkali-kali. Dengarkan dengan seksama reaksinya. Bila tetap tidak bereaksi, kemungkinan tombol starter Anda bermasalah. Bisa karena kotor atau aus akibat pemakaian atau panas sehingga arus listrik tidak mengalir ke Relay Starter.

Namun saat tombol starter ditekan berkali-kali dan terdengar suara 'cetak-cetek' halus namun mesin tidak mau berputar, Anda harus periksa sumber suara tadi untuk menemukan lokasi Relay Starter.