Sunday, June 23, 2024

www.SportCorner.id Untuk membuat usia transmisi otomatis lebih panjang, caranya dengan melakukan perawatan dan menerapkan cara berkendara yang baik. Berikut beberapa tips yang dapat membantu memperpanjang usia pakai transmisi otomotis:

Periksa secara rutin

Lakukan pengecekan kondisi transmisi mobil Anda secara rutin. Jangan lupa periksa level dan kondisi cairan transmisi secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrikan yang ada pada buku panduan.

Rutin ganti oli transmisi

Menganti oli transmisi secara teratur sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan dapat membantu memperpanjang usia pakainya. Oli yang kotor dapat berpotensi menyebabkan kerusakan pada komponen transmisi.

Baca juga: Cara Memperpanjang Umur Baterai Kendaraan Listrik

Gunakan oli yang tepat

Pilihlah oli transmisi yang sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan oleh pabrikan. Penggunaan oli yang tidak sesuai membuat performa kendaraan menurun bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen transmisi.

Perhatikan suhu transmisi

Jangan mengemudikan secara agresif atau memaksa kendaraan dengan beban berlebihan yang dapat meningkatkan suhu transmisi. Suhu yang tinggi dapat mengganggu kinerja pelumasan sehingga dapat memicu kerusakan pada komponen transmisi.