Rawat Skuter Matik Jangan Lupa Oli Gardan

Skuter matik juga memiliki oli gardan yang wajib diganti agar gearbox tidak 'menangis'

Share:
article
Oli gardan Skutik Dok sportcorner.id-CHADIE
Otomotif
Oli gardan Skutik Dok sportcorner.id-CHADIE

www.SportCorner.id Skuter matik (Skutik) kini jadi primadona di pasar roda dua tanah air, menggeser popularitas sepeda motor jenis bebek (cub). Pasalnya, skutik terbukti lebih praktis dan fungsional.

Naik skutik tak perlu repot oper gigi dan main tuas kopling. Lantai dek kaki depan yang luas juga bisa berfungsi untuk meletakkan barang bahkan galon air. Skutik juga tidak butuh penyetelan dan perawatan rantai.

Saking prakstisnya, tidak sedikit para pemilik skutik yang lupa keberadaan oli gearbox sehingga luput dari perhatian sehingga mereka lupa bahwa 'oli gardan' skutik itu juga butuh penggantian secara rutin.

Oli gardan skutik bertugas untuk melumasi rangkaian roda gigi yang ada dalam gearbox. Sementara gearbox sendiri berfungsi mereduksi putaran mesin setelah diolah pada transmisi CVT.

Baca juga: Cara Memperpanjang Usia Transmisi Mobil Matik

Gearbox juga berfungsi untuk meningkatkan kekuatan torsi yang disalurkan ke roda belakang. Oleh karena itu butuh oli yang baik untuk melumasi agar kinerja gearbox optimal.

Penggantian oli gardan skutik umumnya setiap 4.000-6.000 km. Untuk lebih akuratnya, penggantian oli gardan sebaiknya mengikuti petunjuk yang ada pada buku panduan pemilik kendaraan (manual book).

Apa jadinya kalau oli gardan tidak diganti?


Baca Juga

Jetour T2. (JSI)

Jetour Indonesia Kejar Target 30 Showroom sampai Akhir 2025

Ilustrasi. (eDriving)

Penumpang Belakang Wajib Pakai Sabuk Pengaman atau Tidak?

New Honda ADV 160. (AHM)

Skutik New ADV160 Jadi SUV-nya Sepeda Motor Honda

Komunitas E5.ID. (CSI)

Komunitas E5.ID Rayakan Hari Jadi yang Pertama

Lac Hong 900 LX. (VinFast)

Peringati Kemerdekaan Vietnam, VinFast Luncurkan Mobil Anti Peluru

Lepas L8 hadir di Central Park Mall, Jakarta Barat. (CSI)

Lepas Gelar Pop-up Mall Pertama di Central Park