Monday, July 22, 2024

www.SportCorner.id Membersihkan karet wiper dan menggantinya secara teratur adalah langkah penting dalam perawatan kendaraan. Selain menjaga performa sapuan wiper saat hujan juga menjaga agar permukaan kaca tidak baret.

Pentingnya membersihkan karet wiper

Karet wiper yang bersih mampu menyapu air dari permukaan kaca dengan lebih efektif. Karet wiper yang kotor akan menyisakan noda atau garis-garis di kaca sehingga mengganggu pandangan pengemudi saat hujan.

Mencegah kerusakan kaca

Karet wiper yang kotor atau aus dapat menyebabkan goresan pada permukaan kaca mobil Anda. Selain mengganggu pemandangan dan keindahan, kaca yang baret dapat mengagnggu pengelihatan pengemudi.

Baca juga: Lampu Kendaraan tidak Terang? Ini Penyebabnya

Tips membersihkan karet wiper

Gunakan cairan pembersih kaca atau cairan pembersih khusus karet wiper untuk membersihkan karet wiper. Hindari menggunakan bahan kimia yang keras atau abrasif yang dapat merusak karet.

Gunakan sikat gigi lembut untuk membersihkan celah-celah pada karet wiper, sambil menggunakan sabun pembersih kaca. Tujuannya agar menghilangkan kerak air yang menempel pada permukaan karet wiper.

Kerak air yang menumpuk di karet wiper bersifat sangat abrasif terhadap permukaan kaca mobil, sehingga wajib dibersihkan secara teratur, terutama usai hujan atau mencuci mobil.