Monday, July 22, 2024

www.SportCorner.id - Menanggapi berbagai pendapat terkait kehadiran mobil listrik di Indonesia PT Gowa Modern Motor (Hyundai Gowa) mendukung aktif kesadaran dan kebutuhan masyarakat terhadap mobil ramah lingkungan yang terus meningkat.

Untuk mendukung hal itu, Hyundai Gowa mengungkapkan beragam keuntungan dan keunggulan yang dimilki kendaraan listrik alias electric vehicle (EV).

Keunggulan utama EV, tentu saja tidak menghasilkan emisi karbon. Itu artinya pengguna EV juga ikut berkontribusi terhadap peningkatan kualitas udara dan pengurangan dampak negatif terhadap lingkungan.

Baca juga: Harga All-New KONA Electric Mulai Rp500 Jutaan

Keunggulan lainnya tentu akan terasa bagi masyarakat yang tinggal di kota-kota besar. Kondisi lalu lintas yang macet yang menambah beban biaya biaya bahan bakar pada anggaran rumah tangga.

Sementara EV daya pengisian baterai dilakukan dengan pengecasan pada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Tarif pengisian daya di SPKLU umumnya berada di kisaran Rp1.650 per kWh sampai Rp2.475 per kWh.

Oleh sebab itu, perhitungan pengisian daya mobil listrik lebih hemat dibandingkan dengan pengisian bahan bakar jenis bensin. Hal ini dapat dihitung dari jumlah biaya listrik maupun bensin yang dikeluarkan dengan jarak tempuh yang sama.