Tuesday, July 23, 2024

www.SportCorner.id - Saat mobil Anda tidak kuat start, sebaiknya jangan dipaksakan kalau Anda tidak mau menyesal setelahnya. Kerusakannya bisa merambat ke mana-mana! Terlebih jika masalah utamanya hanya karena daya aki lemah akibat alternator gagal berfungsi.

Masalahnya sepele. Akibat putusnya salah satu dioda rectifier di dalam alternator/dinamo amper, membuat arus pengisian ke aki menjadi berkurang sehingga aki tak kuat memutar motor starter, padahal kondisi aki masih sangat bagus.

Motor starter pun terseok-seok memutar crankshaft mesin. Terkadang sempat tertahan beberapa waktu meskipun arus aki masih mengalir pada sejumlah komponen di dalam motor starter.

Baca juga: Tips Solusi Mobil Matik Mogok

Karena komponen commutator dan carbon brush di dalam motor starter tidak dirancang untuk dialiri arus listrik tanpa berputar, commutator yang terbuat dari lempeng tembaga pun meleleh.

Saat dibawa ke bengkel dan dipancing dengan aki lain (jumper), mobil tetap tidak mau distart karena dinamo starter divonis rusak dan harus dilakukan penggantian commutator.

Setelah motor starter beres, akhirnya mobil bisa distart dengan bantuan aki lain. Setelah mesin didiamkan hidup beberapa saat, terdeteksilah arus pengisian dari alternator yang kurang akibat putusnya dioda.