Tuesday, July 23, 2024

www.SportCorner.id - Peristiwa kecelakaan tragis yang melibatkan seorang anak kecil di persimpangan jalan wilayah perumahan menjadi viral di media sosial. Peristiwa yang sulit dihindari itu dapat dicegah bila pengemudi mobil meningkatkan kewaspadaan di area pemukiman.

Menurut Marketing Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara, jalan di area pemukiman berbeda dengan jalan raya yang memiliki rambu dan marka jalan. Selain itu ukuran lebar jalan juga lebih sempit.

"Ditambah, adanya potensi masalah tambahan seperti anak bermain di jalan, hewan peliharaan, pedagang keliling, mobil parkir, dan aktivitas lain yang wajib diperhatikan,” sambung Nur Imansyah, Senin (1/7).

Baca juga: Hati-hati Menggunakan Ban Off Road di Jalan Aspal!

Anak-anak yang tengah bermain juga tidak memiliki kepekaan yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya. Potensi masalah semakin tinggi jika menggunakan mobil bongsor seperti SUV dan MPV akibat blind spot yang besar.

Berikut tips mengemudi aman di jalan perumahan supaya terhindar dari masalah.

1. Dilarang Ngebut!

Jangan pernah memacu mobil meskipun jalan sepi atau meskipun Anda penghuni kompleks tersebut. Anak kecil atau hewan bisa tiba-tiba lari ke jalan. Atur kecepatan berkisar 5-10 km/jam terutama jika jalan kurang lebar dan rawan kecelakaan.