Tuesday, July 23, 2024

www.SportCorner.id - Sepeda motor bermesin injeksi paling mudah pemeliharaannya. Namun bukan berarti bebas dari masalah. Berikut beberapa tips terkait masalah yang sering terjadi pada sistem fuel injection pada sepeda motor beserta solusinya:

Motor sulit hidup atau tak mau hidup

Masalah biasanya disebabkan oleh injektor tersumbat, tekanan pompa bahan bakar rendah, atau sensor-sensor yang tidak berfungsi semestinya. Bisa juga akibat sistem pengapian yang gagal fungsi.

Periksa dan bersihkan injektor. Pastikan tekanan bahan bakar sesuai dengan spesifikasi. Periksa sensor-sensor, seperti sensor aliran udara (MAP sensor) atau sensor oksigen (O2 Sensor), dan sensor suhu untuk memastikan semuanya berfungsi normal. Bersihkan atau ganti bila rusak.

Baca juga: Tips Menghindari Kecelakaan di Jalan Area Pemukiman

Periksa kondisi busi. Pastikan sistem pengapian berfungsi normal dengan adanya percikan api pada kepala busi atau ujung kabel dalam tutup busi.

Mesin tersendat

Mesin tersendat atau brebet bisa diakibatkan oleh penyumbatan pada injektor, sensor-sensor yang tidak akurat, atau masalah pada sistem pengapian.

Lakukan cleaning atau servis injektor. Pastikan sensor-sensor seperti sensor oksigen (O2 sensor) atau sensor tekanan bahan bakar berfungsi dengan baik. Periksa juga kondisi busi dan filter udara.