Monday, July 22, 2024

www.SportCorner.id - Penggunaan ban tubeless tidak hanya populer di kendaraan roda empat, tapi juga roda dua. Meskipun memiliki banyak kelebihan dibandingkan ban non tubeless, bukan berarti jenis ban tanpa ban dalam ini bebas masalah.

Salah satu contoh kasusnya adalah kondisi ban sering mengalami kempes alias kurang angin dalam jangka waktu tertentu. Namun saat diperiksa, tidak ditemukan adanya kebocoran pada ban.

Ada beberapa kondisi di mana ban tubeless kerap kehilangan angin secara perlahan. Yuk kita bedah satu persatu.

1. Tertusuk benda tajam halus

Ini hal yang umum terjadi. Bisa terkena kawat, paku kecil, atau benda tajam lainnya. Saat diperiksa sekilas tidak tampak karena potongan benda tajam tersebut sudah rata menyatu dengan permukaan tapak ban.

Baca juga: Yuk! Pahami Fungsi dan Cara Kerja Airbags

Saat diperiksa kebocoran dengan menggunakan air dan sabun pun tidak terlihat. Pasalnya, angin baru akan keluar sedikit demi sedikit saat benda tajam tersebut tertekan beban jika kendaraan dijalankan.  

2. Kondisi dan kualitas ban

Karet ban yang sudah berumur, biasanya berubah menjadi getas yang ditandai dengan permukaannya yang terlihat retak-retak. Kondisi tersebut dapat menciptakan celah-celah yang sangat halus pada struktur karet ban yang membuat udara keluar secara perlahan sehingga sulit dideteksi.