Tuesday, July 23, 2024

www.SportCorner.id - Diler Toyota Auto2000 mengungkapkan bahwa fitur Airbag merupakan fitur keamanan wajib di seluruh produk Toyota. Bahkan untuk model entry level sekelas Agya pun sudah memiliki dual airbags.

Menurut Yagmin selaku Chief Marketing Auto2000, semua mobil penumpang Toyota yang dipasarkan oleh Auto2000 telah dilengkapi dengan fitur keselamatan airbag yang membantu melindungi pengemudi dan penumpang dari benturan saat kecelakaan.

"Tapi, airbag tidak dapat berfungsi maksimal kalau AutoFamily tidak paham beberapa hal penting terkait fitur safety ini,” kata Yagmin, Rabu (3/7).

Cara kerja airbag

Airbag akan mengembang jika ECU airbag mengirimkan perintah yang dipicu oleh sensor di beberapa titik, terutama di bagian depan mobil. Saat menerima benturan dengan besaran tertentu, sensor akan memberi sinyal ke ECU bahwa mobil mengalami tabrakan kuat.

Baca juga: Tips Menghindari Kecelakaan di Jalan Area Pemukiman

ECU kemudian memantik Propellant Gain & Enhancer pada airbag yang menyebabkan airbag mengembang. Proses dari benturan hingga airbag mengembang terjadi sangat cepat, tidak lebih dari 0,2 detik saja.

Pemicu airbag mengembang

Airbag tidak akan mengembang jika tingkat benturan di bawah ambang yang ditentukan. Misalnya menabrak penghalang statis atau tembok pada kecepatan antara 20-30 km/jam. Airbag baru akan mengembang ketika tabrakan sekitar 30 km ke atas.