Monday, July 22, 2024

www.SportCorner.id - Saat ini penggunaan perangkat turbo tidak hanya populer di ajang balap dan reli, tetapi juga untuk kendaraan harian. Sebenarnya apa sih fungsi turbo itu?

Bermula dari kekhawatiran global terhadap cadangan minyak bumi, berbagai negara sepakat untuk memaksa para produsen mesin kendaraan untuk menurunkan kapasitas mesin.

Penurunan kapasitas mesin tentu saja berdampak pada penyusutan performa. Ini menjadi masalah bagi produsen mobil-mobil mewah yang umumnya berkapasitas mesin besar untuk mendukung performanya.

Menyiasati hal itu, mereka akhirnya menggunakan perangkat forced induction sebagai 'dopping' yang kita kenal sebagai turbocharger atau turbo.

Turbocharger - GARETT

Turbo - GARETT

Di dalam turbo terdapat sepasang turbin yang saling terhubung dalam satu poros. Meskipun demikian, kedua turbin tersebut ditempatkan pada ruang terpisah.

Ruang yang satu terhubung dengan jalur exhaust atau jalur gas buang mesin yang berfungsi untuk memutar turbin. Semakin tinggi tekanan gas buang yang mengalir, semakin cepat pula turbin berputar.